Senin, 09 November 2009

anak hilang

Baco adalah seorang kepala keluarga ia tamatan Sekolah Rakyat (SR). Ia sangat menyayangi istrinya yang bernama Sumini. Sumini bekerja di sabuah percetakan koran, namun nasib berkata lain saat hendak menyebrang jalan ia tertabrak bis dan akhirnya meninggal dunia. Dan ia maninggalkan empat orang anak. Saat itulah kehidupan keluargannya menjadi berantakan. Basri adalah anak tertua, ia mempunnyai keinginan yang sangat keras sampai akhirnya ia lari dari rumah dan meninggalkan sekolahnya demi mendapatkan uang. Ia pun rela maenjadi anggota seniman jalanan. Akan tetapi sang ayah menyangka bahwa ia hilang, dan akhirnya Baco sang ayahpun segera melaporkannya kepada pihak berwajib, dan mendatangkan sebuah percetakan koran untuk membuat iklan tentang anaknya yang hilang. Setelah beberapa lama kemudian Basri pun kembali pulang. Dengan diantar oleh salah satu anggota dari seniman jalanan yang menerimanya sebagai anggota.Masalah yang dihadapi Baco tidak hanya itu saja ia juga harus meninggalkan tempat tingalnya itu untuk pindah ketempat yang lebih baik lagi.

Dalam film ini banyak pelajaran yang bisa saya ambil, tentang kehidupan suatu keluarga yang tidak mampu atau miskin yang tinggal dipinggiran laut yang sangat kumuh. Di film ini juga banyak mempelajari tentang arti kehidupan,cinta, kasih sayang, tanggung jawab, penderitaan, serta harapan sebuah keluarga.

- tanggung jawab
Tanggung jawab oleh seorang Bapak (Baco) dalam Film tersebut belum dapat dikatakan sebagai bapak yang bertanggu jawab. Karena ia tidak dapat menafkahkan keluargannya sendiri sampai akhirnya sang istripun juga ikut mencari nafakah untuk keluarga. Ia juga belum bisa menyediakan tempat tinggal yang layak untuk keluarganya.


tanggung jawab si Basri dalam dirinya sendri juga belum dapat dikatakan asebagai tanggung jawab karena ia pergi dari rumah, ia menganggab bahwa lingkungannya tidak layak untuk di tempati.

- manusiadan penderitaan
Dalam kisah tersebut penderitaan yang dialami sebuah keluarga memang sangat menyedihkan ketika seorang ibu yang tertabrak lari. Dan meninggalakan seorang anak yang masih kecil dan membutuhkan kasih sayangnya. Dan kelurga itu juga harus tinggal di pinggiran pantai yang sangat kumuh. Itu merupakn sebuah pendaritaan ynag mereka harus hadapi.

- manusia dan cinta
Saat seorang ayah sangat mencintai anaknya senhingga ia membela-belakan dirinya untuk mencari anaknya dengan melaporkan kepolisi. Dan mendatangi sebuah percetakan koran agar berita tentang anaknya dapat di muat di koran tersebut. Supaya sang anak cepaat kembali pulang.

- harapan

seorang anak ingin kehidupannya lebih baik lagi dengan mencari uang,akan tetapi ditentang oleh sang ibu. Dengan cara pergi dari rumah ia pun bekerja sebagai seniman jalanan. Dan berharap kehidupannya dapat lebih layak lagi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar