Kelompok 1
Nama :
Aaron Dicky Taruna Putra (13509785)
Achmad nursidik (13509020)
Adlan Hadayana (15509832)
Aisa Mutia ()
Andraningsih (10509623)
Anes Eka Widya .P (10509673)
Apryan Tahir ()
Arimbi Winda .P (14509008)
Arum Fandasari (14509887)
Bastian ()
ALIRAN PSIKOANALISA
•Berdirinya Aliran Psikoanalisa
Semenjak tahun 1890an sampai kematiannya di 1939, dokter berkebangsaan Austria bernama Sigmund Freud mengembangkan metode psikoterapi yang dikenal dengan nama psikoanalisis. Pemahaman Freud tentang pikiran didasarkan pada metode penafsiran, introspeksi, dan pengamatan klinis, serta terfokus pada menyelesaikan konflik alam bawah sadar, ketegangan mental, dan gangguan psikis lainnya.
http://id.wikipedia.org/wiki/Psikologi
•Pendekatan Psikoanalisa
Pendekatan psikoanalisa dikembangkan oleh Sigmund Freud. Ia meyakini bahwa kehidupan individu sebagian besar dikuasai oleh alam bawah sadar. Sehingga tingkah laku banyak didasari oleh hal-hal yang tidak disadari, seperti keinginan, impuls, atau dorongan. Keinginan atau dorongan yang ditekan akan tetap hidup dalam alam bawah sadar dan sewaktu-waktu akan menuntut untuk dipuaskan.
http://www.facebook.com/editnote.php
•Latar Belakang
Psikoanalisa dapat dikatakan sebagai aliran psikologi yang paling dikenal meskipun mungkin tidak dipahami seluruhnya. Namun psikoanalisa juga merupakan aliran psikologi yang unik, tidak sama seperti aliran lainnya. Aliran ini juga yang paling banyak pengaruhnya pada bidang lain di luar psikologi, melalui pemikiran Freud.
a.Konsep mental yang akif
Konsep ini terutama dianut oleh para ahli di Jerman. Pada waktu ini peran dominan strukturalisme di Jerman telah diambil alih oleh aliran Gestalt. Paham Gestalt menganggap struktur pengorganisasian mental manusia adalah inherent. Struktur ini memungkinkan manusia belajar dan mendapatkan isi mental itu sendiri. Dengan demikian, Gestalt berfokus pada konsep mental yang aktif namun tetap empiris.
Psikoanalisa mengikuti keaktifan mental dari Gestalt (Freud dengan psikodinamikanya pada level kesadaran dan non kesadaran) namun tidak empiris. Tidak seperti aliran lainnya, psikoanalisa berkembang bukan dari riset para akademisi, tapi berdasarkan pengalaman dari praktek klinis.
b.Perkembangan treatment terhadap gangguan mental
Pada masa ini penanganan terhadap penderita gangguan mental sangat tidak manusiawi dan disamakan dengan para pelaku kriminal serta orang-orang terlantar. Reformasi dalam penanganan penderita gangguan mental diawali dengan perbaikan fasilitas pengobatan, akhirnya mengarah pada perbaikan di bidang teknik terapi bagi gangguan emosional dan perilaku.
•Tokoh – tokoh aliran Psikoanalisa
1.Sigmund Freud
a.Riwayat Hidup
Freud berkebangsaan Austria, lahir 6 Mei 1856 di Pribor.
Sejak kecil Freud sudah menunjukkan kecerdasan yang luar biasa. Ia belajar kedokteran dan memilih spesialisasi di bidang neurologis. Dalam prakteknya sebagai ahli syaraf inilah Freud banyak mengembangkan ide dan teorinya mengenai teknik terapi psikoanalisa.
Ada dua orang yang berpengaruh besar bagi pemikiran Freud, yaitu Breuer, seorang psikiater terkenal di Wina dan Charcot, dokter syaraf terkenal di Perancis. Bersama-sama dengan Breuer, Freud menangani pasien-pasien dengan gangguan histeria yang menjadi bahan bagi tulisannya, Studies in Histeria. Dari Charcot ia banyak belajar mengenai
teknik hipnosis dalam menangani pasien histeria karena Charcot mengembangkan teknik hipnose. Freud meninggalkan teknik hipnose ini karena sulit diterapkan dan mengembangkan teknik menggali ketidaksadaran lewat kesadaran, seperti free association.
Pada dekade awal abad 20, psikoanalisa semakin populer dan tulisan-tulisan Freud semakin berpengaruh. Ia juga memiliki banyak pengikut/murid yang terkenal, antara lain Adler dan Jung. Mulai terbentuk forum-forum diskusi rutin antar ahli psikoanalisa dimana mereka dapat mendiskusikan konsep-konsep psikoanalisa.
b.Pemikiran Teori
Freud membagi mind ke dalam consciousness, preconsciousness dan unconsciousness. Dari ketiga aspek kesadaran.
Unconsciousness adalah yang paling dominan dan paling penting dalam menentukan perilaku manusia (analoginya dengan gunung es). Di dalam unsconscious tersimpan ingatan masa kecil, energi psikis yang besar dan instink.
Preconsciousness berperan sebagai jembatan antara conscious dan unconscious, berisi ingatan atau ide yang dapat diakses kapan saja.
Consciousness hanyalah bagian kecil dari mind, namun satu-satunya bagian yang memiliki kontak langsung dengan realitas.
Freud mengembangkan konsep struktur mind di atas dengan struktur kepribadian Freud dan menjadi konstruknya yang terpenting, yaitu id, ego dan super ego.
Id adalah struktur paling mendasar dari kepribadian, seluruhnya tidak disadari dan bekerja menurut prinsip kesenangan, tujuannya pemenuhan kepuasan yang segera.
Ego berkembang dari id, struktur kepribadian yang mengontrol kesadaran dan mengambil keputusan atas perilaku manusia. Superego, berkembang dari ego saat manusia mengerti nilai baik buruk dan moral.
Superego merefleksikan nilai-nilai sosial dan menyadarkan individu atas tuntuta moral. Apabila terjadi pelanggaran nilai, superego menghukum ego dengan menimbulkan rasa salah.
•Perbedaan aliran psikoanalisa, humanistik dan behaviorisme :
1.Aliran psikoanalisa : mengabaikan potensi-potensi yang ada pada diri manusia, melihat dari sisi negatif individu, alam bawah sadar, mimpi dan masa lalu.
2.Aliran behaviorisme : mengabaikan potensi-potensi yang ada pada diri manusia, manusia di perlakukan sebagai mesin yang artinya manusia sebagai satu sistem kompleks yang bertingkah laku menurut cara yang sesuai hukum
3.Aliran humanistik : tidak mengabaikan potensi-potensi yang ada pada diri manusia, percaya pada kodrat individu, artinya individu pasti dapat dan harus mengatasi masa lampau atau psikoanalisis, secara kodrat biologis dan lingkungan.
Kritikan Humanistik terhadap Psikoanalisa dan Behaviorisme yaitu bahwa aliran psikoanalisa dan behaviorisme telah mengabaikan potensi – potensi yang ada pada diri manusia.
http://t4nti.blog.com/2009/10/10/perbadaan-aliran-psikoanalisa-humanistik-dan-behavior/
Kamis, 24 Februari 2011
Kamis, 17 Februari 2011
Monyet Vs Angin
Sahabat, ada cerita seekor monyet sedang nangkring di pucuk pohon kelapa. Dia nggak sadar lagi diintip sama tiga angin gede. Angin Topan, Tornado sama Bahorok. Tiga angin itu rupanya pada ngomongin, siapa yang bisa paling cepet jatuhin si monyet dari pohon kelapa.
Angin Topan bilang, dia cuma perlu waktu 45 detik.
Angin Tornado nggak mau kalah, 30 detik.
Angin Bahorok senyum ngeledek, 15 detik juga jatuh tuh monyet.
Akhirnya satu persatu ketiga angin itu maju. Angin TOPAN duluan, dia tiup sekencang-kencangnya, Wuuusss…
Merasa ada angin gede datang, si monyet langsung megang batang pohon kelapa. Dia pegang sekuat-kuatmya. Beberapa menit lewat, nggak jatuh-jatuh tuh monyet. Angin Topan pun nyerah.
Giliran Angin TORNADO. Wuuusss… Wuuusss… Dia tiup sekenceng-kencengnya. Ngga jatuh juga tuh monyet. Angin Tornado nyerah.
Terakhir, Angin BAHOROK. Lebih kenceng lagi dia tiup. Wuuuss… Wuuuss… Wuuuss… Si monyet malah makin kenceng pegangannya. Nggak jatuh-jatuh. Ketiga angin gede itu akhirnya ngakuin, si monyet memang jagoan. Tangguh. Daya tahannya luar biasa.
Ngga lama, datang angin Sepoi-Sepoi. Dia bilang mau ikutan jatuhin si monyet. Diketawain sama tiga angin itu. Yang gede aja nggak bisa, apalagi yang kecil.
Nggak banyak omong, Angin SEPOI-SEPOI langsung niup ubun-ubun si monyet. Psssss… Enak banget. Adem… Seger… Riyep-riyep matanya si monyet. Nggak lama ketiduran dia. Lepas pegangannya. Jatuh deh tuh si monyet.
Sahabat, dari Kisah diatas hikmah yang bisa kita ambil adalah:
Boleh jadi ketika kita Diuji dengan KESUSAHAN… Dicoba dengan Penderitaan… Didera Malapetaka.. .
Kita kuat bahkan lebih kuat dari sebelumnya.. .
Tapi, jika kita diuji dengan
KENIKMATAN.. .
KESENANGAN.. .
KELIMPAHAN.. .
Kita bisa terlena... Kita mesti tetap hati-hati...
sumber:www.kaskus.us
Angin Topan bilang, dia cuma perlu waktu 45 detik.
Angin Tornado nggak mau kalah, 30 detik.
Angin Bahorok senyum ngeledek, 15 detik juga jatuh tuh monyet.
Akhirnya satu persatu ketiga angin itu maju. Angin TOPAN duluan, dia tiup sekencang-kencangnya, Wuuusss…
Merasa ada angin gede datang, si monyet langsung megang batang pohon kelapa. Dia pegang sekuat-kuatmya. Beberapa menit lewat, nggak jatuh-jatuh tuh monyet. Angin Topan pun nyerah.
Giliran Angin TORNADO. Wuuusss… Wuuusss… Dia tiup sekenceng-kencengnya. Ngga jatuh juga tuh monyet. Angin Tornado nyerah.
Terakhir, Angin BAHOROK. Lebih kenceng lagi dia tiup. Wuuuss… Wuuuss… Wuuuss… Si monyet malah makin kenceng pegangannya. Nggak jatuh-jatuh. Ketiga angin gede itu akhirnya ngakuin, si monyet memang jagoan. Tangguh. Daya tahannya luar biasa.
Ngga lama, datang angin Sepoi-Sepoi. Dia bilang mau ikutan jatuhin si monyet. Diketawain sama tiga angin itu. Yang gede aja nggak bisa, apalagi yang kecil.
Nggak banyak omong, Angin SEPOI-SEPOI langsung niup ubun-ubun si monyet. Psssss… Enak banget. Adem… Seger… Riyep-riyep matanya si monyet. Nggak lama ketiduran dia. Lepas pegangannya. Jatuh deh tuh si monyet.
Sahabat, dari Kisah diatas hikmah yang bisa kita ambil adalah:
Boleh jadi ketika kita Diuji dengan KESUSAHAN… Dicoba dengan Penderitaan… Didera Malapetaka.. .
Kita kuat bahkan lebih kuat dari sebelumnya.. .
Tapi, jika kita diuji dengan
KENIKMATAN.. .
KESENANGAN.. .
KELIMPAHAN.. .
Kita bisa terlena... Kita mesti tetap hati-hati...
sumber:www.kaskus.us
Hachiko (Cerita Manis Dari Jepang)
Hachiko adalah seekor anjing yang lahir di sekitar bulan November 1923 di Odate, Jepang. Ia pindah ke Tokyo, saat majikannya pindah ke sana. Pemilik anjing itu bernama Eisaburo Ueno. Eisaburo adalah seorang tua yang tinggal sendirian di rumahnya, istrinya sudah meninggal dan anak-anaknya sudah menikah dan tidak tinggal di situ lagi. Eisaburo Ueno bekerja di sebuah universitas di dekat Tokyo sebagai seorang profesor.
Sudah sebuah kebiasaan bagi orang tua itu untuk menaiki kereta listrik di Stasiun Shibuya untuk bekerja. Ia berangkat sekitar jam 8 pagi, dan biasanya ia pulang dan tiba di stasiun itu kembali sekitar jam 5 sore.
Hachiko, si Anjing itu, sangat setia menemani tuannya. Setiap pagi ia berjalan bersama tuannya menuju ke Stasiun Shibuya. Setelah ‘melepas kepergian’ tuannya, anjing itu pulang sendiri ke rumah. Dan uniknya tepat sebelum jam 5 sore, anjing itu sudah datang kembali ke stasiun untuk menjemput tuannya.
Kebiasaan ini dilakukannya setiap hari selama beberapa tahun, dan orang-orang di sekitar situ sudah mulai hapal dengan tingkah anjing (dan pemiliknya) itu. Para petugas stasiun pun selalu tersenyum ramah saat melihat anjing itu berlari-lari kecil menjemput tuannya setiap sore.
Tapi malang, pada suatu siang, Eisaburo mendapatkan serangan jantung di universitas tempatnya bekerja. Ia meninggal sebelum mendapatkan perawatan medis dari rumah sakit. Segenap keluarganya langsung dihubungi oleh pihak universitas untuk menjemput jenazah Eisaburo.
Lalu bagaimana dengan anjing itu ? Ternyata, pada sore harinya anjing itu tetap datang ke stasiun untuk menjemput tuannya, tapi hingga larut malam ia menunggu, ternyata tuannya tidak datang. Anjing itu pulang kembali ke rumah.
Besok sorenya, anjing itu kembali datang ke Stasiun - dan sekali lagi - ia pulang dengan ‘tangan hampa’. Kebiasaan ini ia lakukan setiap hari. Para petugas stasiun dan orang-orang di situ sangat bersimpati dan kadangkala memberinya makan saat ‘menjemput tuannya’.
Beberapa kerabat Eisaburo pun sebenarnya sudah berusaha untuk memelihara dan merawat anjing itu, tetapi tetap saja - setiap sore anjing itu nekat berlari menuju ke stasiun Shibuya.
Tak terasa 11 tahun sudah berlalu, dan anjing itu tetap melakukan aktivitas hariannya menunggu tuannya di stasiun tiap sore - hingga larut malam, bahkan kadang baru pulang besok paginya setelah pulas tertidur di stasiun.
Setelah berumur 15 tahun, anjing itu akhirnya meninggal dunia dalam kesetiaannya, tepat di tempat dimana ia biasa menunggu tuannya.
Untuk memuji dan menghargai kesetiaan anjing itu, orang-orang membangun sebuah patung Hachiko di Stasiun Shibuya. Patung anjing itu masih berdiri kokoh hingga saat ini, sebagai sebuah inspirasi kesetiaan bagi orang-orang yang melewatinya.
Sudah sebuah kebiasaan bagi orang tua itu untuk menaiki kereta listrik di Stasiun Shibuya untuk bekerja. Ia berangkat sekitar jam 8 pagi, dan biasanya ia pulang dan tiba di stasiun itu kembali sekitar jam 5 sore.
Hachiko, si Anjing itu, sangat setia menemani tuannya. Setiap pagi ia berjalan bersama tuannya menuju ke Stasiun Shibuya. Setelah ‘melepas kepergian’ tuannya, anjing itu pulang sendiri ke rumah. Dan uniknya tepat sebelum jam 5 sore, anjing itu sudah datang kembali ke stasiun untuk menjemput tuannya.
Kebiasaan ini dilakukannya setiap hari selama beberapa tahun, dan orang-orang di sekitar situ sudah mulai hapal dengan tingkah anjing (dan pemiliknya) itu. Para petugas stasiun pun selalu tersenyum ramah saat melihat anjing itu berlari-lari kecil menjemput tuannya setiap sore.
Tapi malang, pada suatu siang, Eisaburo mendapatkan serangan jantung di universitas tempatnya bekerja. Ia meninggal sebelum mendapatkan perawatan medis dari rumah sakit. Segenap keluarganya langsung dihubungi oleh pihak universitas untuk menjemput jenazah Eisaburo.
Lalu bagaimana dengan anjing itu ? Ternyata, pada sore harinya anjing itu tetap datang ke stasiun untuk menjemput tuannya, tapi hingga larut malam ia menunggu, ternyata tuannya tidak datang. Anjing itu pulang kembali ke rumah.
Besok sorenya, anjing itu kembali datang ke Stasiun - dan sekali lagi - ia pulang dengan ‘tangan hampa’. Kebiasaan ini ia lakukan setiap hari. Para petugas stasiun dan orang-orang di situ sangat bersimpati dan kadangkala memberinya makan saat ‘menjemput tuannya’.
Beberapa kerabat Eisaburo pun sebenarnya sudah berusaha untuk memelihara dan merawat anjing itu, tetapi tetap saja - setiap sore anjing itu nekat berlari menuju ke stasiun Shibuya.
Tak terasa 11 tahun sudah berlalu, dan anjing itu tetap melakukan aktivitas hariannya menunggu tuannya di stasiun tiap sore - hingga larut malam, bahkan kadang baru pulang besok paginya setelah pulas tertidur di stasiun.
Setelah berumur 15 tahun, anjing itu akhirnya meninggal dunia dalam kesetiaannya, tepat di tempat dimana ia biasa menunggu tuannya.
Untuk memuji dan menghargai kesetiaan anjing itu, orang-orang membangun sebuah patung Hachiko di Stasiun Shibuya. Patung anjing itu masih berdiri kokoh hingga saat ini, sebagai sebuah inspirasi kesetiaan bagi orang-orang yang melewatinya.
Rabu, 16 Februari 2011
Contoh Kasus sehat dan Sakit dari Salah Satu Dimensi Konsep Sosial
Contoh kasus sehat
Sehat merupakan sebuah keadaan yang tidak hanya terbebas dari penyakit akan tetapi juga
meliputi seluruh aspek kehidupan manusia yang meliputi aspek fisik, emosi, sosial dan spiritual. Menurut WHO (1947) Sehat itu sendiri dapat diartikan bahwa suatu keadaan yang sempurna baik secara fisik, mental dan sosial serta tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan
contoh: seseorang yang memiliki tubuh yang sehat, fisik yang sempurna, mampu berorganisasi dengan lingkungan, mampu berfikir secara logis, rasional, dan mampu mengambil keputusan.
Contoh kasus sehat
Sakit adalah keadaan dimana fisik, emosional, intelektual, sosial, perkembangan, atau seseorang berkurang atau terganggu, bukan hanya keadaan terjadinya proses penyakit. Oleh karena itu sakit tidak sama dengan penyakit. Sakit dapat dipengaruhi oleh factor internal dan juga eksternal. Factor internal misalnya: Persepsi individu terhadap gejala dan sifat sakit yang dialami, dan Jenis penyakit. Factor eksternal misalnya: Gejala yang Dapat Dilihat, kelompok social, latar belakang budaya, ekonomi.
contoh : Misalnya seorang Ayah yang mengalami demam, mungkin akan mengalami penurunan tenaga atau kesabaran untuk menghabiskan waktunya dalam kegiatan keluarga dan mungkin akan menjadi mudah marah, dan lebih memilih menyendiri. Sedangkan penyakit berat, apalagi jika mengancam kehidupannya dapat menimbulkan perubahan emosi dan perilaku yang lebih luas, syok, penolakan, marah, dan menarik diri.
Sehat merupakan sebuah keadaan yang tidak hanya terbebas dari penyakit akan tetapi juga
meliputi seluruh aspek kehidupan manusia yang meliputi aspek fisik, emosi, sosial dan spiritual. Menurut WHO (1947) Sehat itu sendiri dapat diartikan bahwa suatu keadaan yang sempurna baik secara fisik, mental dan sosial serta tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan
contoh: seseorang yang memiliki tubuh yang sehat, fisik yang sempurna, mampu berorganisasi dengan lingkungan, mampu berfikir secara logis, rasional, dan mampu mengambil keputusan.
Contoh kasus sehat
Sakit adalah keadaan dimana fisik, emosional, intelektual, sosial, perkembangan, atau seseorang berkurang atau terganggu, bukan hanya keadaan terjadinya proses penyakit. Oleh karena itu sakit tidak sama dengan penyakit. Sakit dapat dipengaruhi oleh factor internal dan juga eksternal. Factor internal misalnya: Persepsi individu terhadap gejala dan sifat sakit yang dialami, dan Jenis penyakit. Factor eksternal misalnya: Gejala yang Dapat Dilihat, kelompok social, latar belakang budaya, ekonomi.
contoh : Misalnya seorang Ayah yang mengalami demam, mungkin akan mengalami penurunan tenaga atau kesabaran untuk menghabiskan waktunya dalam kegiatan keluarga dan mungkin akan menjadi mudah marah, dan lebih memilih menyendiri. Sedangkan penyakit berat, apalagi jika mengancam kehidupannya dapat menimbulkan perubahan emosi dan perilaku yang lebih luas, syok, penolakan, marah, dan menarik diri.
Minggu, 21 November 2010
Jejaring Sosial
Jejaring sosial
Pada saat ini jejaring sosial sudah mulai banyak dikenal oleh sebagian masyarakat umum. Dalam jejaring sosial saat ini masyarakat juga banyak yang menggunakannya dalam berbagai hal mulai dari bisnis sampai hanya untuk mencari susuatu informasi yang mereka sedang cari. Akan tetapi dalam jejaring sosial tersebut kita juga memiliki dampak positif dan negatifnya.
Terlebih dahulu kita mengetahui, apa sih situs jejaring sosial? Apa aja macam situs jejaring sosial? Mungkin kita sering mendengar istilah itu dan mungkin kita sering mendengar orang menyebut MySpace, Facebook dll. Apa sih sebenarnya??
Pengertian situs jejaring sosial yakni suatu struktur sosial yang terbentuk dari simpul-simpul (individu atau organisasi) yang “diikat” atau dipersatukan oleh sebuah situs. Umumnya situs berfungsi sebagai jalinan pertemanan dalam dunia maya. Namun banyak hal lagi yang dapat kita lakukan disini (situs jejaring sosial).
Macam-macam situs jejaring sosial yaitu :
- Friendster
- Facebook
- Twitter
- Yahoo Messenger
- My Space
- Plurk
- Koprol
- MSN
- Bebo
- Hi5 Hi5
- FUPEI
Dampak positif dan negatif pada jejaring sosial
* Dampak negatif dari jejaring sosial :
- Banyak penipuan-penipuan yang tidak sangat betanggung jawab,mulai dari hal yang mengatas namakan amal dan bantuan untuk masyarakat yang kurang mampu.
- Penipuan tantang bisnis yang menjanjikan keuntungan yang besar.
- Adanya penculikan melalui jejaring sosial yang akhir-akhir ini sedang marak.
- Adanya komunitas yang menjual barang secara terang-terangan sedangakan barang yang dijual bersifat sangat merugikan konsumen yang memakainya atau yang tidak.
- Adanya orang yang tidak bertanggung jawab (menghacker) akun jejaring sosial milik orang lain
- Dapat menjadikan seseorang kecanduan game dalam jejaring sosial
*Dampak positif dari jejaring sosial :
- Dapat bersosialisasi dengan orang banyak
- Dapat bertukar informasi yang bermanfaat dengan banyak orang dari yang kita kenal ataupun yang tidak kita kenal
- Dapat melakukan bisnis dengan banyak keuntungan dan banyak memberikan keuntungan juga bagi orang banyak
- Dapat bertemu dengan teman lama yang mungkin sudah lama kita tidak pernah bertemu
- Dapat bertukar surat elektronik dengan cepat dan menghemat waktu
Pada saat ini jejaring sosial sudah mulai banyak dikenal oleh sebagian masyarakat umum. Dalam jejaring sosial saat ini masyarakat juga banyak yang menggunakannya dalam berbagai hal mulai dari bisnis sampai hanya untuk mencari susuatu informasi yang mereka sedang cari. Akan tetapi dalam jejaring sosial tersebut kita juga memiliki dampak positif dan negatifnya.
Terlebih dahulu kita mengetahui, apa sih situs jejaring sosial? Apa aja macam situs jejaring sosial? Mungkin kita sering mendengar istilah itu dan mungkin kita sering mendengar orang menyebut MySpace, Facebook dll. Apa sih sebenarnya??
Pengertian situs jejaring sosial yakni suatu struktur sosial yang terbentuk dari simpul-simpul (individu atau organisasi) yang “diikat” atau dipersatukan oleh sebuah situs. Umumnya situs berfungsi sebagai jalinan pertemanan dalam dunia maya. Namun banyak hal lagi yang dapat kita lakukan disini (situs jejaring sosial).
Macam-macam situs jejaring sosial yaitu :
- Friendster
- Yahoo Messenger
- My Space
- Plurk
- Koprol
- MSN
- Bebo
- Hi5 Hi5
- FUPEI
Dampak positif dan negatif pada jejaring sosial
* Dampak negatif dari jejaring sosial :
- Banyak penipuan-penipuan yang tidak sangat betanggung jawab,mulai dari hal yang mengatas namakan amal dan bantuan untuk masyarakat yang kurang mampu.
- Penipuan tantang bisnis yang menjanjikan keuntungan yang besar.
- Adanya penculikan melalui jejaring sosial yang akhir-akhir ini sedang marak.
- Adanya komunitas yang menjual barang secara terang-terangan sedangakan barang yang dijual bersifat sangat merugikan konsumen yang memakainya atau yang tidak.
- Adanya orang yang tidak bertanggung jawab (menghacker) akun jejaring sosial milik orang lain
- Dapat menjadikan seseorang kecanduan game dalam jejaring sosial
*Dampak positif dari jejaring sosial :
- Dapat bersosialisasi dengan orang banyak
- Dapat bertukar informasi yang bermanfaat dengan banyak orang dari yang kita kenal ataupun yang tidak kita kenal
- Dapat melakukan bisnis dengan banyak keuntungan dan banyak memberikan keuntungan juga bagi orang banyak
- Dapat bertemu dengan teman lama yang mungkin sudah lama kita tidak pernah bertemu
- Dapat bertukar surat elektronik dengan cepat dan menghemat waktu
Minggu, 31 Oktober 2010
Apakah Internet Berdampak Buruk bagi Anak-anak??
Perkenalan
Internet adalah lingkungan virtual yang luas. Anak - anak dapat mengakses semua informasi dari hal kecil, sampai yg besar. Mereka bisa berkomunikasi dengan satu sama lain di belahan dunia manapun, berbagi pengalaman dan hobi, dan juga mereka bisa bermain game untuk meningkatkan skill dan koordinasi satu sama lain. Anak juga bisa mengakses tentang pornografi, dan hal-hal terorisme. Ketika mengalami kecanduan, anak rentan dalam ajakan seksual dan predasi, penggertakan dunia maya, dan pelecehan.
Walaupun media sangat cepat melaporkan dalam situasi dimana anak terkena dampak dari internet, kita hanya memulai untuk mempelajari bagaimana cara anak menggunakan internet, paparan mereka terhadap sumber daya yang tidak diinginkan, dan bagaimana paparan tersebut mempengaruhi perkembangan mereka.
Kebencian dan Pornografi yang Tidak Diinginkan
Sangat sedikit penelitian mengenal efek dari pornografi pada anak yang membuka situs pornografi. Pornografi secara umum terdapat diseluruh internet ; gambar pornografi tersedia milyaran di dalam website dan mungkin ratusan bahkan ribuan dari sumber internet.
Banyak cara anak - anak untuk mengakses pornografi dengan cara disengaja dan tidak disengaja. Anak-anak bisa mengakses pornografi melalui pencarian website (misal: pencarian tentang seks dari google) atau melalui alamat yang memungkinkan. Bagaimanapun anak-anak sangat menyukai akses pornografi yang tidak disengaja. Penyebar pornografi dapat membuat email-email yang tidak berguna atau mengajak penerima untuk mengakses pornografi.
Terjemahan
Semakin banyak berita yang melibatkan anak-anak karena internet. Orang tua menjadi merasa prihatin karena anak-anak mereka semakin jauh dari rumah, karena anak-anak semakin masuk ke dalam lingkungan internet.
Sejumlah anak-anak yang dilaporkan sebagai korban pelecehan internet mereka juga melaporkan sebagai pelaku pelecehan internet. Ybarra dan Mitchellmenganalisis karakteristik anak-anak dari survei pemuda keamanan internet yang melaporkan tentang pelecehan karena internet. Ybarra dan Mitchell menemukan bahwa 15% responden survei dari pemuda keselamatan internet mengindikasikan bahwa dalam satu tahun terakhir ini anak-anak kebanyakan telah membuat komentar kasar atau jahat kepada orang lain dan internet digunakan 1% untuk melecehkan seseorang. Berdasarkan hasil penelitian mereka, Ybarra dan Mitchell berpendapat bahwa anonimitas dari internet memungkinkan beberapa anak lebih agresif dalam kehidupan internet daripada mereka mengekspresikannya dalam kehidupan nyata.
Dalam ringkasan, penelitian tentang penggunaan internet dan terjadinya kekerasan sangat erat . Mengakses internet lebih banyak dampaknya terhadap kekerasan dan pelecehan trehadap anak-anak. Bagaimanapun, dari kejadian tersebut dapat lebih menghancurkan korban pada anak.
Internet Menjadi Bijaksana
Ada beberapa pendekatan efek-efek merusak yang telah digunakan untuk melindungi anak-anak dari internet. salah satu pendekatan adalah untuk mengatur bahan apa yang dapat didistribusikan internet bertindak sebagai online telah disahkan oleh kongres negara bersatu pada tahun 1998, melarang penyedia layanan internet komersial dari distribusi tidak pantas untuk anak di bawah umur. meskipun undang-undang ini belum pernah diambil karena berpengaruh tantangan terhadap pengadilan,undang-undang melanggar hak amandemen pertama untuk kebebasan berbicara, banyak negara telah membuat hukum yang sama. dalam menanggapi hukum potensial, situs pornografi banyak ditutup, hanya untuk di dominan lain di luar Amerika Serikat.
Seperti disebutkan sebelumnya,pendekatan lain untuk melindungi anak dari bahaya internet telah menjadi pengembangan perangkat lunak untuk menyaring anak-anak terhadap sumber daya. Di bagian, ini berasal dari undang-undang internet perlindungan anak-anak tindakan (CIPA) yang disahkan oleh kongres amerika serikat pada tahun 2000. Banyak sekolah dan perpustakaan umum membutuhkan untuk menginstal penyaringan software pada semua komputer dalam rangka memenuhi persyaratan untuk pendanaan federal. CIPA meskipun telah sebagian tertimpa oleh Mahkamah Agung, berbagai negara telah memberlakukan undang-undang yang sama. banyak sekolah dan perpustakaan telah menginstal perangkat lunak penyaringan dan perusahaan komersial seperti pengasuh bersih dan pengasuh cyber terlibat dalam pemasaran ekstensif program mereka penyaringan kepada orang tua.
Hubungan antara niat dan perilaku yang sebenarnya kompleks dan anak-anak tidak mungkin meterjemahkan pengetahuan baru mereka dan sikap terhadap internet untuk perilaku yang aman di internet. solusi perangkat lunak dapat membantu anak-anak belajar untuk mengendalikan perilaku mereka di internet dengan memaksa mereka untuk secara kritis menilai sumber daya internet sebelum menggunakannya hanya sebagai pengasuh anak-anak untuk menyeberang jalan dengan aman. solusi perangkat lunak cerdas dapat dibuat untuk membantu anak-anak menjelajahi internet. dia dari sekedar memblokir sumber daya, versi baru dari perangkat lunak penyaringan memungkinkan akses ke sebagian sumber daya dan mengharuskan anak untuk benar menjawab serangkaian pertanyaan kritis penilaian sebelum melanjutkan ke seluruh sumber daya.
Internet adalah banyak lingkungan virtual tak terbatas dengan banyak kemungkinan untuk perkembangan anak yang positif dan eksplorasi. anak-anak bisa mengunjungi banyak tempat, mengeksplorasi banyak budaya, mencoba banyak teknologi, dan berkomunikasi dengan banyak orang yang berbeda. pengalaman ini membantu anak-anak mengembangkan kognitif dan sosial. internet juga memiliki sisi berkelim. anak-anak bisa terkena pornografi dan benci, dilecehkan, mengintai, dan diculik. dengan memberdayakan anak-anak kita untuk mendapatkan keterampilan penilaian kritis dan menjadi internet bijaksana, kita dapat membantu mereka memperluas pikiran mereka dan dunia aman melalui internet
NAMA KELOMPOK:
Faaiza Supandi 15509544
Arimbi Winda Pratiwi 14509008
Indah Savitri 11509367
Putri Yuli Astuti 12509566
Sayyidina Suci M 11509424
Internet adalah lingkungan virtual yang luas. Anak - anak dapat mengakses semua informasi dari hal kecil, sampai yg besar. Mereka bisa berkomunikasi dengan satu sama lain di belahan dunia manapun, berbagi pengalaman dan hobi, dan juga mereka bisa bermain game untuk meningkatkan skill dan koordinasi satu sama lain. Anak juga bisa mengakses tentang pornografi, dan hal-hal terorisme. Ketika mengalami kecanduan, anak rentan dalam ajakan seksual dan predasi, penggertakan dunia maya, dan pelecehan.
Walaupun media sangat cepat melaporkan dalam situasi dimana anak terkena dampak dari internet, kita hanya memulai untuk mempelajari bagaimana cara anak menggunakan internet, paparan mereka terhadap sumber daya yang tidak diinginkan, dan bagaimana paparan tersebut mempengaruhi perkembangan mereka.
Kebencian dan Pornografi yang Tidak Diinginkan
Sangat sedikit penelitian mengenal efek dari pornografi pada anak yang membuka situs pornografi. Pornografi secara umum terdapat diseluruh internet ; gambar pornografi tersedia milyaran di dalam website dan mungkin ratusan bahkan ribuan dari sumber internet.
Banyak cara anak - anak untuk mengakses pornografi dengan cara disengaja dan tidak disengaja. Anak-anak bisa mengakses pornografi melalui pencarian website (misal: pencarian tentang seks dari google) atau melalui alamat yang memungkinkan. Bagaimanapun anak-anak sangat menyukai akses pornografi yang tidak disengaja. Penyebar pornografi dapat membuat email-email yang tidak berguna atau mengajak penerima untuk mengakses pornografi.
Terjemahan
Semakin banyak berita yang melibatkan anak-anak karena internet. Orang tua menjadi merasa prihatin karena anak-anak mereka semakin jauh dari rumah, karena anak-anak semakin masuk ke dalam lingkungan internet.
Sejumlah anak-anak yang dilaporkan sebagai korban pelecehan internet mereka juga melaporkan sebagai pelaku pelecehan internet. Ybarra dan Mitchellmenganalisis karakteristik anak-anak dari survei pemuda keamanan internet yang melaporkan tentang pelecehan karena internet. Ybarra dan Mitchell menemukan bahwa 15% responden survei dari pemuda keselamatan internet mengindikasikan bahwa dalam satu tahun terakhir ini anak-anak kebanyakan telah membuat komentar kasar atau jahat kepada orang lain dan internet digunakan 1% untuk melecehkan seseorang. Berdasarkan hasil penelitian mereka, Ybarra dan Mitchell berpendapat bahwa anonimitas dari internet memungkinkan beberapa anak lebih agresif dalam kehidupan internet daripada mereka mengekspresikannya dalam kehidupan nyata.
Dalam ringkasan, penelitian tentang penggunaan internet dan terjadinya kekerasan sangat erat . Mengakses internet lebih banyak dampaknya terhadap kekerasan dan pelecehan trehadap anak-anak. Bagaimanapun, dari kejadian tersebut dapat lebih menghancurkan korban pada anak.
Internet Menjadi Bijaksana
Ada beberapa pendekatan efek-efek merusak yang telah digunakan untuk melindungi anak-anak dari internet. salah satu pendekatan adalah untuk mengatur bahan apa yang dapat didistribusikan internet bertindak sebagai online telah disahkan oleh kongres negara bersatu pada tahun 1998, melarang penyedia layanan internet komersial dari distribusi tidak pantas untuk anak di bawah umur. meskipun undang-undang ini belum pernah diambil karena berpengaruh tantangan terhadap pengadilan,undang-undang melanggar hak amandemen pertama untuk kebebasan berbicara, banyak negara telah membuat hukum yang sama. dalam menanggapi hukum potensial, situs pornografi banyak ditutup, hanya untuk di dominan lain di luar Amerika Serikat.
Seperti disebutkan sebelumnya,pendekatan lain untuk melindungi anak dari bahaya internet telah menjadi pengembangan perangkat lunak untuk menyaring anak-anak terhadap sumber daya. Di bagian, ini berasal dari undang-undang internet perlindungan anak-anak tindakan (CIPA) yang disahkan oleh kongres amerika serikat pada tahun 2000. Banyak sekolah dan perpustakaan umum membutuhkan untuk menginstal penyaringan software pada semua komputer dalam rangka memenuhi persyaratan untuk pendanaan federal. CIPA meskipun telah sebagian tertimpa oleh Mahkamah Agung, berbagai negara telah memberlakukan undang-undang yang sama. banyak sekolah dan perpustakaan telah menginstal perangkat lunak penyaringan dan perusahaan komersial seperti pengasuh bersih dan pengasuh cyber terlibat dalam pemasaran ekstensif program mereka penyaringan kepada orang tua.
Hubungan antara niat dan perilaku yang sebenarnya kompleks dan anak-anak tidak mungkin meterjemahkan pengetahuan baru mereka dan sikap terhadap internet untuk perilaku yang aman di internet. solusi perangkat lunak dapat membantu anak-anak belajar untuk mengendalikan perilaku mereka di internet dengan memaksa mereka untuk secara kritis menilai sumber daya internet sebelum menggunakannya hanya sebagai pengasuh anak-anak untuk menyeberang jalan dengan aman. solusi perangkat lunak cerdas dapat dibuat untuk membantu anak-anak menjelajahi internet. dia dari sekedar memblokir sumber daya, versi baru dari perangkat lunak penyaringan memungkinkan akses ke sebagian sumber daya dan mengharuskan anak untuk benar menjawab serangkaian pertanyaan kritis penilaian sebelum melanjutkan ke seluruh sumber daya.
Internet adalah banyak lingkungan virtual tak terbatas dengan banyak kemungkinan untuk perkembangan anak yang positif dan eksplorasi. anak-anak bisa mengunjungi banyak tempat, mengeksplorasi banyak budaya, mencoba banyak teknologi, dan berkomunikasi dengan banyak orang yang berbeda. pengalaman ini membantu anak-anak mengembangkan kognitif dan sosial. internet juga memiliki sisi berkelim. anak-anak bisa terkena pornografi dan benci, dilecehkan, mengintai, dan diculik. dengan memberdayakan anak-anak kita untuk mendapatkan keterampilan penilaian kritis dan menjadi internet bijaksana, kita dapat membantu mereka memperluas pikiran mereka dan dunia aman melalui internet
NAMA KELOMPOK:
Faaiza Supandi 15509544
Arimbi Winda Pratiwi 14509008
Indah Savitri 11509367
Putri Yuli Astuti 12509566
Sayyidina Suci M 11509424
Kamis, 30 September 2010
PENGARUH INTERNET DI BIDANG PENDIDIKAN DI LIHAT DARI SISI PSIKOLOGI
Dampak Positif dan Negatif Internet pada Anak
Internet merupakan jaringan komputer terbesar pada saat ini. Internet merupakan dunia maya tanpa batas yang tidak mengenal batas-batas suku,bangsa, dan benua.
Pada jaman sekarang internet memang sangat mempengaruhi kehidupan setiap orang baik dewasa maupun seoarang anak kecil yang duduk di sekolah dasar. Dan tidak menutup kemungkinnan internet memang berpengaruh terhadap perkembangan psikologi seorang anak. Banyak orang mengatakan bahwa internet berbahaya bagi anak karena bahaya dari situs porno, menjadikan anak menjadi malas, dan menjadikan seorang anak lebih sering berada didepan komputer daripada mengembangkan kecerdasan interpersonalnya dan membuat anak jarang berinteraksi dengan masyarakat. Dan kemudian ada alasan lagi tentang keshatan, terutama kesehatan mata karena terlalu sering duduk didepan komputer.
Tetapi tidak selamanya internet berdampak buruk bagi anak-anak. Dengan batasan-batasan tertentu internet juga dapat membuat anak memiliki wawasan yang lebih luas. Internet juga mempunyai banyak fungsi seperti untuk mengerjakan tugas, karena saat ini banyak sekolah-sekolah yang mewajiban siswanya untuk mempelajari internet dan mewajibkan siswanya untuk mengerjkan tugas dan mencari bahan tugasnya di internet. Membuka situs-situs untuk menambah ilmu pngetahuan atau sekedar untuk membuka situs permainan di komputer. Setiap anak boleh bermain internet tetapi harus ada ijin dari orang tuanya.
Internet merupakan jaringan komputer terbesar pada saat ini. Internet merupakan dunia maya tanpa batas yang tidak mengenal batas-batas suku,bangsa, dan benua.
Pada jaman sekarang internet memang sangat mempengaruhi kehidupan setiap orang baik dewasa maupun seoarang anak kecil yang duduk di sekolah dasar. Dan tidak menutup kemungkinnan internet memang berpengaruh terhadap perkembangan psikologi seorang anak. Banyak orang mengatakan bahwa internet berbahaya bagi anak karena bahaya dari situs porno, menjadikan anak menjadi malas, dan menjadikan seorang anak lebih sering berada didepan komputer daripada mengembangkan kecerdasan interpersonalnya dan membuat anak jarang berinteraksi dengan masyarakat. Dan kemudian ada alasan lagi tentang keshatan, terutama kesehatan mata karena terlalu sering duduk didepan komputer.
Tetapi tidak selamanya internet berdampak buruk bagi anak-anak. Dengan batasan-batasan tertentu internet juga dapat membuat anak memiliki wawasan yang lebih luas. Internet juga mempunyai banyak fungsi seperti untuk mengerjakan tugas, karena saat ini banyak sekolah-sekolah yang mewajiban siswanya untuk mempelajari internet dan mewajibkan siswanya untuk mengerjkan tugas dan mencari bahan tugasnya di internet. Membuka situs-situs untuk menambah ilmu pngetahuan atau sekedar untuk membuka situs permainan di komputer. Setiap anak boleh bermain internet tetapi harus ada ijin dari orang tuanya.
Langganan:
Postingan (Atom)