Rabu, 16 Februari 2011

Contoh Kasus sehat dan Sakit dari Salah Satu Dimensi Konsep Sosial

Contoh kasus sehat
Sehat merupakan sebuah keadaan yang tidak hanya terbebas dari penyakit akan tetapi juga
meliputi seluruh aspek kehidupan manusia yang meliputi aspek fisik, emosi, sosial dan spiritual. Menurut WHO (1947) Sehat itu sendiri dapat diartikan bahwa suatu keadaan yang sempurna baik secara fisik, mental dan sosial serta tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan
contoh: seseorang yang memiliki tubuh yang sehat, fisik yang sempurna, mampu berorganisasi dengan lingkungan, mampu berfikir secara logis, rasional, dan mampu mengambil keputusan.

Contoh kasus sehat
Sakit adalah keadaan dimana fisik, emosional, intelektual, sosial, perkembangan, atau seseorang berkurang atau terganggu, bukan hanya keadaan terjadinya proses penyakit. Oleh karena itu sakit tidak sama dengan penyakit. Sakit dapat dipengaruhi oleh factor internal dan juga eksternal. Factor internal misalnya: Persepsi individu terhadap gejala dan sifat sakit yang dialami, dan Jenis penyakit. Factor eksternal misalnya: Gejala yang Dapat Dilihat, kelompok social, latar belakang budaya, ekonomi.
contoh : Misalnya seorang Ayah yang mengalami demam, mungkin akan mengalami penurunan tenaga atau kesabaran untuk menghabiskan waktunya dalam kegiatan keluarga dan mungkin akan menjadi mudah marah, dan lebih memilih menyendiri. Sedangkan penyakit berat, apalagi jika mengancam kehidupannya dapat menimbulkan perubahan emosi dan perilaku yang lebih luas, syok, penolakan, marah, dan menarik diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar